Cara kreatif menambang Emas

Cara kreatif menambang emas

Baru baru ini saya jalan jalan ke suatu tempat. Disitu banyak penambang emas secara haram. Yang saya ketahui itu sebenarnya lahan milik negara. Statusnya masih hutan, akan tetapi pohon besar sudah tiada. Entah kapan dimulainya, tetapi banyak sudah aktifitas menambang secara ilegal disini. Banyak yang hanya bermodal belanga goreng. Namun satu yang menarik , dia sudah memikirkan teknologi, cara kreatif menambang emas.

Dengan sedikit memperhatikan gaya grafitas material alluvial , maka dia mengalirkan ke suatu alat. Dia pun telah memanfaatkan prinsip arus diperlambat dengan andulation flow. Dengan demikian emas akan mengendap disitu. 

Pemanfaatan karpet 

Dengan bentuk sekatan kayu di aliran dan mempergunakan karpet . Keduanya dipadukan dan memperhatikankemiringan , arus air jernih. Saya melihat orang yang satu ini mempunyai naluri teknologi. Meskipun dia orang awam, di kampong. Akan tetapi mempunyai akal pikir sangat brilian.

Bayangkan melihat dari luarpun belum pernah. Apa lagi mau browshing mbah Google. Dari mana idea dan kreatifitasnya. Maka cara kreatif menambang emas yang dia gunakan itu saya tertarik menulis disini.

Bukan saja soal teknologinya. Ini berada disuatu dusun yang susah untuk dijangkau kendaraan sekalipun. Saya sehingga sampai disini dengan motor. Dan berjalan kaki sejauh 7 Km baru sampai. 

Kebayang kalau ada orang bijak, pintar dan kreatif di dusun begini. Tentu dia cerdik memanfaatkan daya pikiran otaknya.

Pengetahuan tentang alam

Dia sadar betul bahwa alam itu ada pengetahuannya , katanya. Maka emas yang hanyut akan berada di bagian bawah. Itulah maka di perlu menggali dasar sungai. Dibagian bawah aliran sungai itulah yang paling banyak mengandung emas katanya. 

Secara logika itu sangat betul dan lapisan itu disebut pembawa emas "paydirt".
Seorang kampong sudah mengenal betul dari mempelajari kejadian demi kejadian ketika dia mandi di sungai.

Kalau ada hujan pasti ada erosi di gunung katanya. lalu banjir dan akan membawa sedimen ke arah hilir sungai. Inilah yang akan mengendap dan menjadi lapisan pembawa emas. Di dalam istilah ilmiahnya disebut "Alluvial".

Pendapatan lumayan

Kalau orang lain hanya mendapatkan sebutir  dua butir emas dalam sehari mendulang. Maka satu orang ini mempunyai team emapat orang, dengan pendapatan sampai satu gram , dua gram sehari. Terkadang sehingga lima gram damalam sehari perorang. 

Maknanya secara team dia mendapatkan hasil sampai 20 gram sehari bekerja dengan teknologinya.

Inilah makna , bahwa semakin bijak memanfaatkan daya pikir , maka semakin berhasil memanfaatkan alam.

Kenalilah alam sekitarmu dan manfaatkan isinya


Kesimpulan saya

Meski dari peristiwa melihat ilegal mine. Saya menyimpulkan bahwa dimana terdapat kekayaan alam yang muncul dipermukaan. maka disitu lah awal manusia berkegiatan.
Bagi masyarakat mencari untuk urusan perut saja yang berlaku. Bukan untuk menjadi kaya, atau menjadi pengusaha.
Teknologi akan muncul dengan sednirinya setelah peristiwa demi peristiwa terjadi
Manusia hendaknya aktif melakukan kerja daripada diam dan hanya berbual.
Kerjakan sambil belajar lebih utama daripada bingung tiada akal.
Demikian lah cara kreatif menambang emas ala orang kampong.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara kreatif menambang Emas"

Post a Comment