Potensi Emas Nusantara

Nusantara

Sumber gambar: National Geografi, Hendiyanto,Robi Y, Google.
Kalau kita menyebut Nusantara, maka di dalamnya termasuk beribu pulau pulau di Archipelago sampai dengan daerah melayu Malaysia di sana. Mengapa demikian , ya karena saya ingin sampaikan bahwa di daerah wilayah itu semua secara umum mempunyai budaya yang hampir sama. Bahwa sejak jaman dahulu nenek moyang bangsa Melayu pernah berniaga dan ber silahturahmi bersama satu sama lain. Itu memunculkan istilah Nusantara.

Meskipun dahulu bentuk pemerintahan berupa kerajaan dengan otoritas masing masing. Namun sesungguhnya satu sama lainnya saling berkomunikasi melalui perdagangan barang barang rempah dan keperluan sehari hari. Apalagi dengan kemajuan mereka pada saat itu dengan perahu layar dan pengetahuan pembacaan rasi bintang penunjuk arah.

Sekarang ini coba perhatikan dengan kacamata keilmuan kamu. Dari ahli geologi menyebutkan bahwa jebakan emas banyak terkandung di dalam perut bumi di Sumatra, Jawa, Sumbawa, Sulawesi, Halmahera dan sampai ke Papua Barat. Demikian  juga di pulau Kalimantan. Seperti seolah sangat erat dengan bentuk Ring of Fire , pada gambar tersebut di atas.

Potensi Emas

Sumber gambar : Metcalfe,1995-2013
Potensi emas di Nusantara khususnya sangat erat kaitannya dengan pola gerakan bumi tektonik yang terjadi di daerah itu. Nusantara ini cukup luas dan di Barat, di Timur dan di Selatan serta Utara , masing masing berbeda akan sifat kebumiannya. Geologi daerah tersebut sangat erat hubungannya dengan potensi emas yang ada disitu.

Di Nusantara ini banyak sekali sudah diketemukan titik titik yang menunjukkan adanya potensi mengandung emas dalam perut buminya. Para ahli kebumian atau yang kerennya Geologist sudah banyak meneliti dan menulis tentang hal ini. Baik secara global maupun secara detail di setiap lokasi. 

Demikian maka masing masing titik lokasi emas mempunyai tulisannya sendiri dan berbeda satu dengan lainnya. Ciri dan karakter terjadinya mineralisasi dan pembentukan jebakan emas sendiri sangat berlainan di antaranya.

Sebut saja di Malaysia Peninsula, pakar Geologi Metcalfe telah meneliti sejak tahun 1995 sehingga sekarang, banyak di update. Disebutkan bahwa jaluran emas di Malaysia semenanjung berada , menempati bagian tengah. Central Gold Belt, yang sudah banyak di buktikan dengan adanya tambang emas berkembang di sepanjang jalur tengah Malaysia.

Kekayaan Alam dan Aset Negara

Keberadaan potensi sumber daya emas ini menjadikan kekayaan dan aset bagi Negara tentunya.  Sehubungan dengan itu hendaklah di kelola dengan baik dan di manage dengan baik pula. maknanya menjadikan penambah kesejahteraan bagi negara dan bangsa.  

Baik melalui satu kegiatan yang dapat menyerap aspirasi masyarakat maupun melalui pajak dan tribute yang di dapat negara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potensi Emas Nusantara"

Post a Comment